Negara-negara Dengan Asuransi Kesehatan Terbaik di Dunia

f:id:planblogku:20160422051148j:plain



Sampai saat ini, Indonesia masih disibukkan dengan polemik jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat, yaitu melalui BPJS Kesehatan.  Ada sebagian kalangan yang menilainya haram, ada pula yang mengeluhkan layanan yang tidak berkualitas. Namun, secara optimis harus dipahami bahwa semua itu memang menjadi fenomena perubahan menuju ke arah yang lebih baik nantinya.

Sementara itu, kita nampaknya juga perlu mengetahui beberapa negara yang sudah memiliki jaminan asuransi kesehatan terbaik di dunia. Negara-negara yang dimaksud antara lain :

SWISS. Majalah Forbes merilis, 99,5 persen warga Swiss sudah memiliki asuransi kesehatan. Bagi warga yang tak dapat mengakses asuransi kesehatan swasta, maka pemerintah akan mensubsidi mereka. Hal ini dianggap mampu mencegah warga untuk menghabiskan lebih dari 10 persen pendapatan mereka untuk perawatan kesehatan. Bahkan sebuah studi Harvard mengemukakan bahwa pemerintah Swiss telah menghabiskan 11,4 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) untuk menjamin kesehatan warganya.

PRANCIS.  Di tahun 2000, WHO pernah memberikan peringkat pertama kepada Perancis dalam hal jaminan perawatan kesehatan terbaik secara total kepada warga negaranya. Warga negara Prancis dapat menikmati manfaat asuransi kesehatan universal yang didanai oleh pemerintah melalui pajak penghasilan. Ada sekitar 75 persen dari biaya kesehatan ditanggung oleh pemerintah. Tarif dokter swasta pun sudah ditetapkan oleh pemerintah, dengan rasio secara keseluruhan ada 3,37 dokter per 1000 orang.

TAIWAN. Taiwan menjadi salah satu dari beberapa negara Asia yang mempunyai sistem perawatan kesehatan terbaik. Semua warga negara telah dilindungi oleh asuransi, yang dananya dibayarkan oleh pemerintah. Dengan menerapkan Smart Card, semua informasi tentang sejarah medis pasien dapat diketahui dengan mudah.

KANADA. Negara ini juga memiliki sistem perawatan kesehatan universal, bahkan sudah sejak tahun 1940-an. Tommy Douglas, adalah orang yang memiliki gagasan pertama tentang perawatan kesehatan universal itu di negaranya. Sehingga semua warga Kanada, terutama yang warga miskin ditanggung negara dalam hal kebutuhan kesehatan dasar. Bahkan Pemerintah Kanada membuat peraturan yang melarang dokter mendirikan klinik swasta bagi kebutuhan perawatan dasar.

Itulah beberapa negara di dunia yang memiliki sistem jaminan kesehatan terbaik. Semoga kita juga bisa menuju kondisi ideal sebagaimana yang diharapkan bersama.